Cara Alternatif Mengatasi Penyakit Gatal-Gatal


Penyakit gatal-gatal


Gatal- gatal pada kulit sudah menjadi faktor lumrah & biasa dialami oleh setiap orang terutama pada kaum perempuan yg memiliki berbagai aktifitas & pekerjaandomestik di rumah. Dengan aspek & alasan tak mau repot, tidak sedikit perempuan lebih memilih mengobati sendiri penyakit gatal-gatal pada kulit dgn membeli obat gatal-gatal murah yg dijual dipasar dengan bermacam jenis ragam pula merknya. Ada yg berupa bedak, obat cair, krim atau sabun. 

Tidak hanya mengganggu kenyamanan, beberapa jenis penyakit gatal-gatal pada kulit bisa yakni manifestasi dari penyakit yg bisa saja luput dari perhatian. Seperti adanya proses peradangan terhadap kulit, alergi, infeksi, jamur & alain sebagainya. Penyakit gatal-gatal pada kulit sebenarnya mampu diatasi & diobati sendiri jikapenderita mengetahui penyebab gatal-gatal tsb sekaligus memilih jenis obat yg tepat & cocok untuk pengobatannya. Misalnya rasa gatal-gatal yg diakibatkan karenamencuci pakaian atau peralatan dapur menggunakan sabun keras sehingga menimbulkan kerusakan kulit, hal ini mampu diatasi dengan menggunaan pelembab kulit (salep) & menghindari bahan-bahan yg menyebabkan timbulnya gatal pada kulit.

 Penyebab gatal-gatal


Pada gatal-gatal yang disebabkan bakteri, awalnya biasanya berupa lesi berisi cairan, karena sering digaruk kemudian masuk bakteri sehingga menyebabkan terjadinya koreng. Ciri-cirinya, koreng biasanya ada nanah yang warnanya kehijauan. Kuku bisa membuat luka dan sering membawa kuman. Kalau menggaruk gunakan saja ujung jari.
Sementara itu, jika penyebabnya jamur, letaknya biasanya berada di daerah lipatan kulit seperti paha, tangan, perut, dan daerah kulitnya. Biasanya, jika disebabkan jamur, rasa gatal lebih terasa dan sulit tertahankan. Di antara yang paling gatal biasanya karena jamur.
Bentuknya sendiri adalah kemerahan pada kulit, basah. Karena efeknya yang sangat gatal sehingga penderita sulit untuk menahan untuk tidak menggaruknya sehingga sering menimbulkan infeksi sekunder.
Adapun kelainan kulit yang disebabkan jamur seperti panu, kadas, kurap dan merah bulat. Mengenai pengobatannya, biasanya hanya diberikan obat antigatal dan antijamur. Bisa dalam bentuk salep maupun oral. Jika belum infeksi, cukup dengan salep akan sembuh dan terus menjaga kebersihan kulit.
Ada juga gatal-gatal yang disebabkan virus. Masuknya virus ke dalam tubuh dikarenakan daya tahan tubuh menurun. Bentuknya sendiri berupa bintik berisi cairan tapi bening. Biasanya tidak terlalu menimbulkan rasa gatal, tapi pedih. Misalnya sakit cacar dan herpes.
Terakhir, ada juga yang disebabkan karena parasit. Rasa gatal muncul pada malam hari. Di mana, rasa yang ditimbulkan seperti ada kutu kecil-kecil yang berjalan di atas tubuh. Rasanya sangat gatal, mirip keringat malam.



Beberapa cara untuk mengatasi penyakit gatal-gatal :
1. Mengobati gatal menggunakan daun salam.
Daun salam selain untuk penambah peyedap rasa masakan juga bisa difungsikan sebagi obat gatal caranya, ambil dan cuci beberapa lembar daun salam kemudaian lumatkan, lalu tempel pada bagian yang terkena gatal, lakukan stiap saat jika gatal menyerang, sebaiknya ganti 2 hingga 3 kali sehari.
2. Mengobati gatal menggunakan Daun biduri dan Minyak kelapa.
Perpaduan daun biduri dan minyak kelapa ternyata juga bisa mengobati gatal, caranya daun biduri diolesi minyak kelapa, lalukan diatas pengapian lalu tempelkan daun biduri pada kulit yang gatal hangat-hangat, ulangi beberapa kali hingga gatal yang menyerang hilang. Sebelum menempelkan pada bagian yang gatal sebaiknya bersihkan kulit terlebih dahulu.
3. Mengobati gatal menggunakan Daun Mahkota Dewa.
Caranya ambil beberapa lembar daun mahkota dewa lalu giling sampai halus, kemudian balurkan pada kulit yang gatal.
4. Mengobati gatal menggunakan kulit batang Kamboja.
Caranya giling kulit batang kamboja sampai halus kemudian balurkan pada kulit yang gatal.
5. Mengobati gatal menggunakan Minyak Goreng dan Garam.
Media obat ini sangat familiar bagi ibu-ibu rumah tangga dan mungkin belum banyak yang tahu akan manfaat lain selain untuk memasak. 
Ternyata kombinasi minyak goreng dan garam bisa menyebuhkan penyakit gatal, bagaimana caranya ?
 Ambil minyak goreng baru (bukan jelantah / bekas minyak goreng) lalu campur dengan sedikit garam kemudian oleskan pada kulit yang menderita gatal-gatal.
6. Mengobati gatal alergi dengan air kelapa hijau.
Diantara penyebab alergi yang kerap timbul biasanya diakibatkan oleh karena faktor makanan seperti makan telur, ikan laut, lele, susu, kerang, dan lainya. Kecenderungan lain adalah karena terkait cuaca atau suhu udara dalam ruangan dan tidak lepas oleh faktor genetika.


Mengatasi gatal dengan air kelapa hijau caranya mudah yakni campurkan air kelapa hijau dengan madu asli minum berturut-turut selama 3 hari, gatal Anda akan reda bahkan bisa sembuh insya Alloh.








1 Response to "Cara Alternatif Mengatasi Penyakit Gatal-Gatal"